Pertanyaan No. 2

Kambing Jawa Batuk dan Mengelurkan Lendir

Mohon pencerahannya, induk kambing Jawa Randu mengalami batuk dan keluar lendir seperti ingus setiap batuk dari hidungnya, kemudian lumpuh dan tiba tiba saja kejang, dan mati padahal dalam masa kehamilan 2 bulan. Sudah disuntik Vitamin B compleks dan Intermectin, juga terjadi pada anak kambing pra sapih dan lepas sapih sering terjadi kejang dan mati jenis kambing Jawa Randu, Etawa dan domba gejala yang timbul sebelumnya kambing dan domba anakan tersebut lemas dan tidak nafsu makan atau menyusui.

Ditanyakan oleh Halim,

Jawaban:

Salam Pak Halim,

Ada beberapa kemungkinan. Yang pertama Pneumonia (radang paru-paru) yang biasanya ditandai dengan gejala batuk-batuk dan ingusan. Batuk dan ingus bisa menyebabkan masuknya cairan ke dalam paru-paru sehingga terjadi kegagalan pernafasan, yang diikuti lumpuh, kejang dan mati mendadak. Pemberian Ivermectin tidak mengarah ke Pneumonia, seharusnya diberikan preparat antibiotik.

Infeksi lain yang bisa menyebabkan kejang adalah tetanus. Infeksi ini biasa terjadi di daerah endemis atau di daerah yang pada musim kemarau sangat sulit air. Kemungkinan lain adalah gangguan metabolism karena kekurangan mineral penting dalam tubuh yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Untuk diagnosa yang lebih jelas silahkan menghubungi petugas dinas peternakan terdekat.

Terima Kasih.